CARA LENGKAP Meniruskan Wajah

CARA LENGKAP Meniruskan Wajah

CARA MENIRUSKAN WAJAH – Wajah yang chubby atau tembem memang bikin serba salah. Walaupun ada yang menganggap pipi tembem itu menggemaskan, tapi buat kita kaum wanita, tentu nggak gitu kan. Pipi yang terlihat gemuk seringkali malah menyebalkan.

 

PERHATIAN: Seperti artikel “Cara Lengkap” lainnya di RUANGCANTIKMU, artikel “Cara Meniruskan Wajah” ini cukup panjang (hampir 3700 kata).

Kalau kamu buru-buru dan hanya mencari tips tertentu (contohnya cara senam wajah atau alat untuk meniruskan pipi saja), kamu bisa cek pada “Daftar Isi” di bawah ini dan langsung membacanya.

Alternatif lainnya, kamu bisa bookmark artikel ini dulu (Ctrl+D kalau di komputer/laptop), atau klik tombol share di bagian akhir artikel supaya tersimpan di akun Facebookmu.

 

Nah, teruntuk kamu yang tembem atau wajahnya bulat, semoga artikel kali ini bisa membantu. Kamu bakal menemukan segala macam cara meniruskan wajah dan pipi. Tentunya tanpa perlu operasi yang mahal dong, dan bisa digunakan oleh perempuan maupun laki-laki (nggak semua sih).

Mau tips yang butuh waktu, atau yang langsung bisa dilihat hasilnya?

Mau cara yang gratis, atau yang praktis dan berbayar?

Terserah mau memilih yang mana, semua bisa kamu pelajari di sini. Kamu juga akan dipandu dengan video:

  • Bagaimana cara senam wajah
  • Cara menyamarkan pipi tembem dengan make up

Di bagian akhir nanti, cek juga cara meniruskan wajah secara alami. Dan bukan dengan mengurangi makan. Pokoknya cocok buat kamu yang alergi sama diet (tuh!).

Nah, kamu bisa mulai membacanya secara urut dari awal, atau memilih tema yang ingin kamu baca. Cukup klik salah satu judul pada Daftar Isi di bawah ini, kamu akan langsung diantarkan ke bagian tersebut.

Yang manapun pasti akan bermanfaat buat kamu 🙂

 

Cara meniruskan wajah ?

Yang lebih lengkap cuma di RUANGCANTIKMU.

 

 

Penyebab Wajah Tembem atau Bulat ?

 

Ingin Meniruskan Pipi Tembem
sumber: instagram.com (@tinygentleasians)

Sebelum kita belajar bagaimana cara meniruskan wajah, ada baiknya kamu tahu dulu hal-hal yang menyebabkan wajah (dan badan) menjadi bulat.

Pipi yang tembem tidak selalu disebabkan pola makan yang berlebihan, maka dari itu cara meniruskan wajah yang tepat tentu tidak selalu dengan mengurangi makan, kan? Yuk kita cek penyebabnya:

 

Penyebab Wajah dan Pipi Tembem

  1. Faktor genetis

Apakah ayah atau ibumu ada yang berwajah bulat? Kalau iya, bisa jadi itu adalah faktor keturunan.

Kalau di negara Barat, ada orang yang mengistilahkannya dengan “tulang besar”. Istilah ini bukan sekedar mitos, karena Akademi Dokter Orthopedi Amerika sudah mengkonfirmasi kebenarannya melalui harian terkenal The Huffington Post.

Perempuan yang memiliki tulang lebih besar, otomatis ukuran tubuh dan wajahnya juga lebih besar dari yang lain. Jadi bukan karena kebanyakan makan, ya.

Selain itu, memang ada orang yang memiliki wajah dengan bentuk yang lebar. Untuk kasus ini, wajah biasanya masih bisa ditiruskan. Terutama kalau masih ada lemak berlebih di bagian pipi dan dagu.

  1. Konsumsi alkohol

Berbeda dengan di negara Barat, di Indonesia mungkin agak jarang ditemui perempuan yang sering mengkonsumsi alkohol. Tapi berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa jenis minuman ini bisa menyebabkan kegemukan.

Saat kamu meminumnya, alkohol yang masuk ke dalam tubuhmu akan dipecah menjadi lemak dan asetat.

Lemak tersebut akan masuk ke dalam aliran darah, sementara asetat digunakan sebagai sumber energi tubuhmu. Yang artinya: karbohidrat, protein dan lemak yang biasanya dibakar oleh tubuh (untuk menjadi energi), tiba-tiba berkeliaran bebas.

Hasilnya adalah zat-zat tersebut diubah menjadi lemak dan disimpan dalam tubuh.

Sudah jelas kan kenapa alkohol bisa menyebabkan kegemukan?

 

  1. Kebiasaan begadang

Sekedar begadang semalam atau 2 malam tidak akan membuat berat badanmu bertambah. Tapi kebiasaan begadang atau pola tidur yang tidak karuan akan berbahaya untuk berat badanmu.

Penelitian membuktikan orang yang hanya tidur 5 jam/hari bisa mengalami kenaikan berat badan hampir 1 kg dalam waktu seminggu!

Saat pola tidurmu kacau maka metabolisme-mu akan menurun. Tubuh hanya bisa membakar sedikit lemak, sehingga sisanya akan tersimpan dalam tubuhmu. Selain itu, kebiasaan begadang memaksa tubuhmu untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan.

Makanan yang dimakan lebih banyak, tapi lemak yang dibakar lebih sedikit. Bisa ditebak hasilnya?

 

  1. Kurangnya olahraga

Kalau ini sudah jelas ya, tidak perlu dipanjang-panjangkan hehehe…

 

  1. Asupan gizi tidak seimbang

Satu fakta penting yang tidak diketahui kebanyakan orang di negara kita: Pola makan orang Indonesia (yang makanan pokoknya nasi) sebenarnya tidak sehat.

Permasalahan utamanya sebenarnya bukanlah nasinya, tapi porsinya. Orang Indonesia terbiasa mengkonsumsi nasi secara berlebihan. Nasi yang banyak, tapi lauk dan sayuran hanya sedikit kalau dibandingkan porsi nasinya.

Konsumsi nasi yang baik adalah seperti kebiasaan masyarakat Jepang, Korea atau China. Pernah lihat di film kan? Walaupun sama-sama makan nasi, tapi orang Jepang atau Korea yang hanya mengkonsumsi nasi seukuran mangkok kecil.

Kandungan utama nasi adalah karbohidrat dan gula. Tentu sudah tahu kan kalau zat-zat tersebut berlebih malah akan menjadi timbunan lemak.

 

  1. Pemilihan jenis makanan

Faktor ini mirip dengan pembahasan sebelumnya. Kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu akan membuat badan mudah gemuk. Contohnya adalah gorengan dan makanan cepat saji.

Bukan karena makanan tersebut banyak mengandung zat yang menggemukkan. Tapi makanan-makanan tersebut membuat tubuh tidak sempat membakar lemak sepenuhnya.

Jadi ketika pembakaran makanan yang tadi belum selesai, makanan yang baru sudah datang. Akibatnya tentu hanya akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam tubuh.

 

  1. Obesitas

Obesitas adalah masalah kesehatan yang paling dekat dengan pola makan tidak seimbang.

Jika kamu tidak bisa menyeimbangkan asupan makanan dengan aktivitas yang membakarnya, tubuh akan menyimpan makanan itu dalam bentuk lemak. Penambahan lemak yang berlebih adalah faktor utama obesitas.

 

Itu tadi beberapa penyebab pipi menjadi bulat. Walaupun ada faktor yang tidak bisa diubah, tapi kebanyakan penyebabnya adalah kebiasaan yang kurang baik.

Jadi cara meniruskan wajah yang bisa dilakukan pun cukup sederhana. Asalkan kamu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, bisa saja wajah dan pipimu akan menjadi tirus dengan sendirinya hehehe…

 


Senam Wajah agar Pipi Tirus

 

Cara Melakukan Yoga Wajah dan Senam Muka

 

Meniruskan Pipi dengan Senam Wajah
sumber: ltkcdn.net

Kalau kamu tidak ingin mengeluarkan uang dan termasuk orang yang cukup telaten, kamu bisa mencoba cara meniruskan wajah dengan melakukan senam wajah sendiri.

Senam wajah bisa dilakukan di pagi hari (sebelum beraktivitas) ataupun pada malam hari (sebelum tidur). Tapi kapanpun waktu yang kamu pilih, harus konsisten untuk melakukannya secara rutin.

Yoga wajah dan senam wajah tidak terlalu berbeda, hanya senam wajah menggunakan variasi gerakan yang lebih banyak. Untuk mempermudah pembahasan, dalam artikel ini kedua cara meniruskan wajah itu akan kita jadikan satu.

Walaupun senam wajah sebenarnya ada banyak, kali ini khusus gerakan untuk meniruskan saja ya. Kalau kamu tertarik juga dengan senam wajah untuk mengencangkan kulit, kamu bisa klik tautan di bawah ini.

Gerakan senam untuk meniruskan wajah akan kita bagi berdasarkan bagian wajah yang difokuskan. Kamu bisa memilih sebagian saja dari gerakan-gerakan di bawah ini, ataupun menambahnya dengan gerakan lain yang kamu tahu.

 

Bagian Keseluruhan Wajah

  • Meregangkan Wajah

Gerakan yang pertama ini dimaksudkan untuk membuat kulit wajahmu rileks. Sama seperti saat olahraga, kita perlu melakukan pemanasan dulu.

Ada bermacam-macam cara meregangkan wajah. Yang terpenting adalah membuat dirimu rileks terlebih dahulu.

Carilah tempat yang di mana kamu bisa konsentrasi untuk merawat dirimu dulu, lalu duduklah dengan tenang.

Kamu bisa mulai memijat ringan kulit wajah atau menekan-nekan halus seluruh wajahmu dengan jari. Bisa juga kamu barengi dengan menggerakkan bibirmu membentuk duck face.

Tidak perlu terlalu lama melakukan peregangan wajah, yang terpenting kulitmu sudah mulai terasa rileks dan siap melakukan gerakan-gerakan berikutnya.

 

  • Yoga Ekspresi Wajah

Cara meniruskan wajah yang satu ini cocok untuk kamu yang suka berakting ataupun membuat ekspresi wajah yang aneh-aneh hehehe…

 

Cara Melakukan Yoga Wajah
sumber: drchatham.com

Yoga wajah ini dilakukan dengan memainkan otot wajah untuk menunjukkan berbagai ekspresi. Kamu bisa melakukannya tanpa perlu banyak menggerakkan kepala. Fokus dari latihan ini adalah melatih otot wajahmu.

Cara melakukannya adalah dengan melakukan ekspresi marah, terkejut, melotot, mencibir dan berbagai ekspresi lainnya. Tiap melakukan ekspresi, tahan selama beberapa detik lalu ganti ekspresi wajahmu.

Saat pergantian ekspresi, usahakan kamu mengambil napas yang dalam dan perlahan terlebih dahulu.

 

Bagian Pipi

  • Meniup Balon

Mungkin akan sedikit ribet kalau harus menyiapkan balon terlebih dahulu. Tapi gerakan ini berguna untuk menarik otot pipi sehingga bisa jadi cara meniruskan wajah yang lumayan ampuh.

 

Gerakan Senam Wajah
sumber: joyage.live

Caranya ambil balon yang sudah kamu siapkan, dan tiup seperti biasa. Saat sudah mengembang besar, kempeskan dengan mengeluarkan udara dari dalam balon. Kamu tinggal ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali untuk tiap set.

 

  • Puffy Cheek (Menggembungkan Pipi)
Cara Alami Meniruskan Wajah Lebar
sumber: gettyimages.com

Cara meniruskan wajah ini berfungsi untuk melatih otot bagian atas dan tengah pipi. Dengan begitu lemak di bagian tersebut akan berkurang.

Pertama-tama gelembungkan pipi dengan udara, pastikan bibirmu terkatup rapat.

Saat pipimu sudah penuh terisi udara, tahan selama 10 detik.

Pindahkan udara ke pipi kiri sehingga menggembung sebelah. Tahan udara selama 10 detik. Lalu pindahkan lagi udara ke pipi kanan dan tahan selama 10 detik.

Sesudah rangkaian gerakan itu selesai, buanglah udara dalam pipimu. Maka 1 gerakan sudah beres. Kamu tinggal mengulanginya lagi dari awal sampai 10 kali.

 

  • Smiling Fish
Tips Melangsingkan Wajah
sumber: stylesy.de

Cara meniruskan wajah yang satu ini sedikit susah tapi sangat bermanfaat untuk mengencangkan pipi. Caranya mudah, kamu tinggal menyedot bagian pipi seperti di gambar. Dari posisi itu, cobalah untuk tersenyum sambil tetap menyedot pipi. Tahan selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi sebanyak 5 kali untuk menyelesaikan 1 set.

 

  • Gerakan X-O

Walau namanya aneh, tapi sebenarnya gerakan ini sangat sederhana. Intinya kamu tinggal menggerakkan mulutmu seperti saat mengucapkan huruf X dan O. Lakukan masing-masing gerakan selama beberapa menit.

 

  • Gerakan I-O

Gerakan senam wajah tidak jauh berbeda dari gerakan sebelumnya. Kamu tinggal melakukan gerakan seperti sedang mengucapkan huruf I dan O.

Hanya saja berbeda dengan sebelumnya, gerakan I-O dengan cepat secara bergantian dan berulang-ulang. Lakukan gerakan ini untuk beberapa menit.

 

Bagian Dagu

  • Memutar Lidah

Kita mulai dari gerakan yang sederhana dulu untuk melatih bagian dagu dan rahang,.

Pertama-tama tutuplah bibir sambil mengatupkan gigi. sedikit mirip dengan ketika sedang tersenyum. Sentuhkan lidah ke gigi bagian dalam, lalu putar searah jarum jam. Lakukan sebanyak 15 kali.

Pastikan lidah tidak lepas dari gigi ya!

Setelah putaran searah jarum jam selesai, lakukan lagi dengan berlawanan arah jarum jam sebanyak 15 kali.

 

  • Menjulurkan Lidah
Perawatan Membuat Wajah Lebar Tirus
sumber: rarehistoricalphotos.com

 

Yap, persis seperti foto di atas.

Walaupun terlihat konyol, gerakan senam ini mengencangkan otot dagu, leher serta bagian pipi yang dekat dengan dagu.

Caranya kamu tinggal membuka mulut lalu julurkan sejauh mungki. Pikirkan seperti kamu ingin menyentuh dagu dengan lidah.

Tahan posisi itu selama 10 detik, istirahatkan sebentar, lalu ulangi sebanyak 10 kali.

 

  • Gerakan Kepala Menggantung

Kita mulai senam yang membutuhkan lebih banyak gerakan. Kepala menggantung akan membantumu membakar lemak pada dagu dan pipi luar.

Kamu mungkin lebih baik melakukan gerakan ini di rumah karena pertama kamu harus berbaringlah di pinggir ranjang atau sofa. Posisikan tubuhmu sehingga kepalamu menggantung ke bawah (tidak berada di ranjang/sofa).

Kalau sudah siap, angkat dagu menuju ke dada, lalu tahan posisi itu selama 10 detik. Lakukan sebanyak 10 kali setiap setnya.

 

  • Gerakan Mengangkat Dagu

Senam ini berfungsi sama dengan gerakan kepala menggantung. Tapi kalau kamu sibuk dan ingin melakukannya di kantor, kamu bisa berlatih dengan mengangkat dagu.

Gerakan ini bisa dilakukan sambil berdiri ataupun duduk. Pertama-tama posisikan punggung dan leher agar tegak.

Angkat dagumu ke atas, isahakan agar pandangan benar-benar sampai tegak lurus ke atas.

Tahan selama 10 detik, kamu akan merasakan otot sekitar rahang tertarik ke bawah.

Setelah 10 detik, biarkan kepalamu rileks sejenak. Lalu ulangi lagi gerakan ini sebanyak 1 set (10 kali gerakan).

 

 

Memijat Wajah

 

Memijat Wajah untuk Mengecilkan Pipi
sumber: besthealthmag.ca

Facial massage adalah perawatan yang sudah dikenal lama oleh semua orang. Treatment ini dianggap dikembangkan pada tahun 1800an di Swedia, berdasarkan cara pengobatan tradisional Cina.

Banyak perempuan sering salah kaprah dan menganggap memijat wajah tidaklah penting. Padahal perawatan ini adalah salah satu cara meniruskan wajah secara alami.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi saat memijat wajahmu sendiri:

  • Lakukan sambil bercermin sehingga kamu bisa memastikan arah pijatanmu tepat.
  • Gunakan tenaga secukupnya, jangan terlalu keras karena malah bisa membuat memar.
  • Sebelum mulai memijat, pastikan mengoleskan minyak (misalnya minyak zaitun) ke kulitmu. Minyak berguna untuk mengurangi gesekan pada kulit.

 

Kalau kamu sudah melakukan hal-hal di atas, sekarang saatnya belajar cara meniruskan wajah dengan pijatan. Ada banyak variasi gerakan yang bisa kamu lakukan, tapi kita bahas beberapa saja ya:

 

  • Untuk meniruskan pipi

Cara pertama, kamu bisa memijat pipi seperti biasanya. Rapatkan jari tengah dan telunjukmu, lalu tempelkan pada pipi.

Tarik kulit dari bagian bawah pipi menuju ke atas, lalu kembali lagi ke bawah dalam gerakan memutar. Lakukan selama 15 menit untuk masing-masing pipi.

Cara Meniruskan Wajah dengan Cepat
sumber: slims.com

Cara kedua, kamu perlu mengepalkan tanganmu. Tidak perlu mengepal keras-keras, cukup santai saja.

Tempelkan bagian telapak dari kepalanmu ke kedua belah pipi. Kemudian tarik pipi ke atas dan tahan selama 5 menit. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Kalau kamu kesulitan menahan posisi tanganmu dalam waktu lama, sikumu boleh bertumpu pada meja (seperti waktu kita masih sekolah dulu).

 

  • Untuk meniruskan dagu

Pertama-tama mulailah dengan sedikit mencubit dagu di antara jari tengah dan jari manis.

Pijat Wajah Membuat Muka Tirus
sumber: slims.com

Ada 3 gerakan yang bisa kamu lakukan dari posisi ini. Gerakan pertama adalah dengan menarik dagu yang kamu cubit tadi ke arah bawah. Lakukan gerakan yang sama sepanjang garis rahang sampai ke area dekat telinga.

Ulangi pijatan ini selama 2-3 menit. Hati-hati supaya jangan terlalu keras menariknya.

Cara Membuat Wajah Tirus
sumber: slims.com

Gerakan kedua sama dengan gerakan pertama, tapi tarik dagumu ke atas. Lakukan hal yang sama sampai dekat telinga. Ulangi selama 2-3 menit.

Cara Mengecilkan Wajah yang Lebar
sumber: slims.com

Gerakan terakhir adalah dari posisi mencubit awal, tarik perlahan jarimu sepanjang garis rahang ke arah telinga. Lakukan juga selama 2-3 menit.

Cara Mengecilkan Muka Tembem
sumber: slims.com

 

Video Senam Wajah agar Tirus

Supaya lebih seru (atau kalau kamu malas baca), di bawah ini kamu bisa menonton video senam wajah untuk mengecilkan muka yang bulat.

Sebagian gerakan di dalam video sama dengan yang sudah dijelaskan di atas. Tapi kamu akan mendapat tambahan gerakan untuk pijat wajah. Videonya berbahasa Indonesia dan cuma berdurasi sekitar 13 menit kok.

 

sumber: youtube.com dari channel gita vbpr

 

Nah, asyik kan?

Kamu bisa mempraktekkan senam wajah atau memijat wajahmu mulai hari ini juga. Karena makin lama kamu menunda, makin lama juga kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih tirus.

Atau kalau kamu mau cara meniruskan wajah dengan cepat dan lebih praktis, kamu bisa melanjutkan membaca pembahasan berikutnya!

 


Cara Meniruskan Wajah dengan Make Up & Alat Kecantikan

 

Video Tutorial Make Up agar Wajah Terlihat Tirus

Sekarang ini sudah umum menggunakan make up untuk mengatasi kekurangan wajah kita. Misalnya membuat hidung menjadi terlihat lebih kecil dan mancung, ataupun mengurangi pipi yang tembem.

Tapi kamu harus ingat juga, make up hanya mengatasi secara sementara. Cuma membuat wajah “terkesan” lebih tirus, bukan tirus beneran. Jadi wajahmu bakal terlihat seberapa tirus juga relatif ya.

Inti dari make up untuk membuat wajah terlihat tirus adalah penggunaan shading-nya. Kamu harus mencoba untuk memainkan shading di sekitar tulang pipi untuk menimbulkan efek “kurus”.

Supaya lebih jelas, kamu bisa lihat video-video di bawah. Masing-masing video sudah disertai penjelasannya dan berbahasa Indonesia. Video pertama sepanjang 10 menit, sementara video kedua 4 menit.

Silakan tonton!

 

sumber: youtube.com dari channel darayanza

 

Sumber: youtube.com dari channel ichelscarlet

 

Alat dan Perawatan Kecantikan untuk Meniruskan Wajah

Nah, kalau make up di atas hanya untuk “menampilkan” kesan tirus, gimana kalau kamu ingin beneran tirus dengan praktis dan tanpa lama?

Bagi kalian yang punya modal, ada perawatan kecantikan khusus yang bisa membantu kamu (tentunya bukan dengan operasi ya). Perawatan ini namanya treatment SETRIKA WAJAH.

 

Buat yang belum tahu, memang sudah banyak salon yang menawarkan terapi ini. Treament setrika wajah adalah perawatan kecantikan baru, menggunakan alat khusus yang akan digosokkan ke kulit wajahmu.

Alat untuk Membuat Wajah Tirus
sumber: hellosehat.com

Alat setrika wajah menggunakan arus listrik berkekuatan rendah yang aman untuk wajah. Plus bisa membantu membakar lemak di pipi, dagu dan area sekitar mata.

Kelebihan dari cara ini adalah kamu bisa langsung melihat perbedaannya. Pipi dan dagumu bisa lebih tirus hanya dalam sekali perawatan. Kalau benar-benar penasaran, kamu mencobanya untuk setengah wajah dulu (supaya bisa membandingkan hasil sebelum dan sesudah).

Tentu seberapa tirus akan berbeda untuk tiap orang ya. Ada yang berubah secara signifikan, hanya sedikit lebih tirus dari sebelumnya.

Yang jelas: Kalau kamu rajin melakukan treatment ini maka wajahmu akan lebih cepat tirus dibanding menggunakan cara lainnya.

 

Berarti harus bolak-balik ke salon? Repot dong.

 

Sekarang sudah ada lho alat setrika wajah yang bisa kamu gunakan sendiri. Bentuknya lebih kecil dan enak digenggam. Namanya adalah Galvanic Spa.

Galvanic Spa untuk Meniruskan Wajah

Karena bentuknya lebih praktis, kamu bisa memakainya di rumah. Yang berarti kamu bisa melakukan perawatan setrika wajah berkali-kali kapanpun kamu mau!

BACA JUGA

 

 


Cara Membuat  Wajah Tirus Secara Alami

 

Namanya hasil yang cepat, wajar kalau butuh biaya kan?

 

Kalau kamu ingin meniruskan wajah yang lebar tanpa mengeluarkan biaya, tentu saja bisa.

Cara-cara di bawah ini bisa kamu lakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Asalkan kamu tidak terburu-buru. Karena pastinya tips-tips ini akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya.

 

Mengubah Pola Hidup Sehari-hari

Di bagian pembukaan artikel sudah dijelaskan, beberapa penyebab pipi tembem adalah kebiasaan kita sehari-hari. Untuk itu, ada beberapa kebiasaan baru yang bisa kamu praktekkan untuk menghilangkan pipi itu!

 

  • Gaya hidup yang aktif
Olahraga untuk Diet Wajah
sumber: health.com

Kebiasaan yang terbaik tentu saja kalau kamu bisa olahraga secara rutin. Tapi kalau kamu tidak bisa melakukannya karena sibuk atau alasan lain, tidak apa-apa.

Kamu hanya perlu memperbanyak aktivitas yang menggunakan fisik. Contohnya menggunakan tangga saat naik ke lantai atas (bukan memakai lift), atau lebih sering berjalan kaki kalau tempat yang kamu tuju cukup dekat.

 

  • Sering-sering mengunyah permen karet
Cara Olahraga Wajah
sumber: mentalfloss.com

Tidak hanya membersihkan gigi dan mengharumkan mulut kita, sering mengunyah permen karet juga bisa membuat pipimu lebih kencang.

Aktivitas ini sudah termasuk olahraga ringan bagi rahang dan mulut kita. Gerakan mengunyah akan membuat rahang bergerak terus menerus. Hasilnya? Lemak di sekitar dagu dan pipi akan terbakar.

Supaya lebih maksimal, gunakan permen karet yang bebas gula (60-70% kandungan permen karet biasa adalah gula). Lakukan kebiasaan ini setidaknya 2 kali sehari, masing-masing selama 20 menit.

 

  • Menarik kulit wajah saat perawatan malam
Perawatan untuk Meniruskan Wajah Bulat
sumber: beautisecrets.com

Setiap dari kita pasti melakukan perawatan wajah tiap malam. Kenapa tidak memanfaatkan kebiasaan itu?

Saat kamu akan mengoleskan pelembab atau krim perawatan ke wajah, buat gerakan menarik kulit wajah. Tekan kulit secara lembut dari arah dagu dan tarik perlahan ke pipi bagian atas.

Fungsi kebiasaan ini sama dengan memijat wajah kok 🙂

 

  • Sering-sering berkumur
Senam muka agar tirus
sumber: readersdigest.ca

Ketika menyusun artikel ini, saya juga baru tahu kalau berkumur bisa digunakan untuk membakar lemak di pipi. Kebiasaan ini menarik karena bisa dilakukan di mana saja dalam waktu singkat.

Caranya cukup dengan berkumur seperti biasa. Hanya saja perbanyak jumlahnya menjadi berkumur 3-4 kali setiap hari. Kamu juga bisa berkumur menggunakan air hangat supaya lebih efektif.

 

  • Mengubah penampilan sehari-hari
Penampilan agar Wajah Menjadi Tirus
sumber: wikihow.com

Baju dengan garis mendatar akan membuat badan terlihat lebih gemuk. Sudah sering kan dengar tips fashion itu?

Kalau begitu, tahukah kamu kalau poni bisa membuat wajahmu terlihat lebih bundar?

Hindari poni sedahi saat kamu potong rambut. Poni di dahi akan membuat wajahmu terlihat menjadi penuh, tembem dan bundar. Kalau kamu ngotot ingin punya poni, sebaiknya poni yang lebih panjang atau poni menyamping.

Untuk kamu yang berambut panjang, jangan gerai rambutmu. Kalau kamu mengikatnya ke belakang (contohnya model ekor kuda), wajahmu akan terkesan lebih tirus.

 

  • Hindari begadang

Alasannya sudah dijelaskan di pembukaan, ya. Kamu boleh baca lagi di atas artikel cara meniruskan wajah ini kalau belum baca hehehe…

 

  • Perbanyak tersenyum
Tersenyum Membuat Pipi Tirus
sumber: pinterest.com

Tersenyum adalah sedekah.

Lalu apa hubungannya dengan cara meniruskan wajah?

Jika sering dilakukan, tersenyum bisa menjadi olahraga ringan bagi pipi. Selain itu kebiasaan ini juga membuat otot pipi menjadi lebih rileks. Sekaligus juga merangsang produksi hormon bahagia di otak 🙂

 

Mengubah Pola Makan

Jangan khawatir, saya tidak akan menyuruhmu diet.

Karena itu memang kata yang paling tidak disukai semua perempuan, ya kan?

 

Meniruskan pipi tidak harus selalu dengan mengurangi makan. Salah satu cara meniruskan wajah yang cukup mudah adalah dengan mengubah apa yang kamu makan atau memperbanyak jenis makanan tertentu.

Yuk kita bahas satu per satu!

 

  • Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya serat

 

Makanan Kaya Serat untuk Meniruskan Wajah
sumber: blueskyvitamin.com

Makanan berserat memiliki banyak manfaat: Mengendalikan gula darah, membantu metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol dan membantu mengeluarkan racun dari tubuhmu.

Kesemua manfaat itu berguna untuk mendapatkan tubuh yang lebih baik. Maka dari itu konsumsilah buah-buahan seperti alpukat, pisang dan pepaya atau sayuran seperti brokoli, kubis, dan kacang polong.

Kalau mau lebih maknyus dalam perjuangan meniruskan wajah, kamu bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Beras merah tidak hanya kaya serat, tetapi juga lebih rendah kadar gulanya dibanding beras putih biasa.

 

  • Mengkonsumsi teh hijau

 

Teh Hijau Meniruskan Pipi Chubby
sumber: truweight.in

Teh hijau memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh karena mengandung anti-kanker dan anti-oksidan. Jenis teh ini bisa mencegah kerusakan sel, sementara kandungan lainnya juga bermanfaat bagi otak.

Buat kamu yang memiliki lemak berlebih, minuman ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.

Saya sendiri juga minum teh hijau secara rutin dan merasakan khasiatnya. Karena itu ke depannya akan ada artikel RUANGCANTIKMU yang khusus membahas teh hijau. Ditunggu ya! 🙂

Untuk membakar lemak, caranya kamu cukum minum teh ini seperti teh biasa secara rutin. Bedanya adalah cara menyeduhnya.

Jangan seduh teh ini dengan air panas karena akan merusak kandungannya. Diamkan dulu air panas yang akan kamu gunakan. Setelah 10 menit, baru seduh teh hijau menggunakan air tersebut.

 

  • Memperbanyak konsumsi kalsium per hari

 

Kalsium agar Pipi Tidak Tembem
sumber: lifezen.in

Makanan yang kaya kalsium dapat mengurangi penumpukan akibat kelebihan air, khususnya pada area wajah. Maka dari itu jenis makanan ini dipercaya dapat mengurangi pipi yang tembem atau chubby.

Contoh makanan jenis ini adalah susu, keju, mentega dan dairy product lainnya. Sayuran yang berwarna hijau tua seperti bok choy dan bayam juga kaya akan zat ini. Untuk mendapat hasil yang baik, direkomendasikan kamu mengkonsumsi kandungan kalsium sebanyak 1200 miligram/hari.

 

  • Konsumsilah makanan yang mengandung Omega-3

 

Omega 3 Meniruskan Pipi Lebar
sumber: juliedaniluk.com

Omega 3 berfungsi meningkatkan produksi kolagen kulit kita, sekaligus membuat otot wajah kencang. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi Omega-3, untuk itulah kita harus mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi.

Zat ini biasanya banyak terkandung pada ikan. Untuk itu kamu bisa makan daging sarden atau mengkonsumsi minyak ikan cod yang terkenal mengandung Omega-3.

Selain itu, Omega-3 juga bisa didapat melalui minyak zaitun dan minyak canoli. Kamu tinggal mengganti minyak yang biasa kamu gunakan untuk menggoreng dengan minyak tersebut.

 

  • Konsumsi air putih secara cukup

 

Minum Air supaya Wajah Tirus
sumber: secondwindwater.com

Jika kekurangan cairan, maka tubuhmu malah akan menahan air yang ada dalam badanmu. Efeknya bisa membuat wajahmu terlihat bundar (istilah kerennya bloating buat yang sering nonton drama Korea).

 

  • Jangan sampai terlalu banyak gula

Sudah jelas ya kalau terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah salah satu penyebab penumpukan lemak.

 

  • Hindari makanan siap saji dan garam yang berlebihan

Makanan jenis ini biasanya memilliki kandungan garam yang tinggi. Asupan garam yang terlalu banyak akan membuat simpanan air dalam tubuh meningkat.

Saat air dalam tubuh terlalu banyak, badanmu akan menjadi lebih bundar.

 


Kesimpulan

 

Sudah tahu kan apa saja cara meniruskan wajah yang bisa kamu lakukan ?

Untuk permulaan, kamu bisa mencoba cara-cara senam wajah yang sudah dijelaskan dalam artikel tadi. Supaya lebih maksimal, kamu bisa juga melakukan banyak kebiasaan sehari-harimu. Lama-kelamaan pasti kamu akan mendapat hasil yang memuaskan!

Atau kalau kamu merasa kurang sabar, boleh kamu coba perawatan setrika wajah. Insya allah hasilnya akan bagus buat meniruskan pipi. Sudah saya sertakan ya tautan artikel setrika wajah di tengah pembahasan tadi, kalau-kalau kamu tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut.

 

Nah, mau cara yang mana? Kamu tinggal memilihnya sekarang.

 

Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya! 😀

Nilai Review Artikel
Cara Meniruskan Wajah
Judul Artikel
Cara Meniruskan Wajah
Deskripsi
Punya pipi yang tembem? Di artikel ini kamu akan menemukan beragam CARA MENIRUSKAN WAJAH. Mulai dari tips yang gratis sampai perawatan yang langsung bisa dilihat hasilnya. Semua dibahas di sini, langsung baca sekarang juga!
Penulis
Publisher
Ruangcantikmu.com
Logo Publisher

12 thoughts on “CARA LENGKAP Meniruskan Wajah

    • Wah, makasih lho udah mampir mbak! 😀

      Hehehe pipi tembem juga imut kok mbak. Setelah nikah malah suamiku bilang pipiku jadi lebih tembem
      #kebanyakan makan

    • Iya mbak, kan kebulatan wajah bergantung sama pola konsumsi & kebiasaan kita sehari-hari juga hehe 🙂

      Soalnya perawatan setrika wajah memang dirancang untuk jadi perawatan rutin, misalnya digunakan tiap minggu. Saya sendiri biasanya menyetrika wajah pakai Galvanic Spa tiap 3-4 hari (klo pas lagi nggak males)

      Oiya, makasih banyak udah mampir ya mbak! 😀

    • Wah boleh tu buat ide artikel saya berikutnya, mbak! Besok coba saya kumpulin data & tanya info dari temen2 dulu, khusus untuk “membulatkan” wajah hehe 😀

      Btw makasih banget udah mampir ya mbak Lina! Moga-moga bisa konsisten terus ngisi website ini kaya mbak… 🙂

Leave a Comment